Mengenal Komputasi Perencanaan Wilayah dan Kota

Sebelum mengenal lebih jauh tentang komputasi perencanaan wilayah dan kota, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Mengenai Komunikasi dalam Perencanaan Wilayah dan Kota. Apa itu komunikasi ? Kita sebagai makhluk hidup pasti selalu berkomunikasi antara manusia satu dengan manusia yang lain. Tapi tau kah kamu apa arti dari “Komunikasi” itu sendiri. Komunikasi merupakan aktivitas yang dilakukan individu satu dengan individu yang lain maupun  antara individu dengan lingkungan manusia selalu dengan melakukan pertukaran pesan baik verbal maupun non verbal.
Komunikasi itu sendiri, dapat diklasifikasikan ebagaimana mestinya, menurut west dan turner klasifikasi komunikasi yaitu : 
1). Komunikasi intrapersonal
2). Komunikasi interpersonal). 
3). Komunikasi Kelompok Kecil 
4). Komunikasi Organisas.
5). Komunikasi Publik 
6). Komunikasi Massa
7). Komunikasi antarbudaya 

(http://muktikomunikasi.blogspot.cp..id/2014/03/klasifikasi-dan-konsep-dasar-komunikasi.html)

Fungsi komunikasi sendiri bisa dibilang memiliki fungsi yang luas salah satunya, komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pilihan-pilihan alternatif 

(http://jurnal-sdm.blospot.co.id/2007/12/komunikasi-arti-fungsi-dan-bentuk.html)

Dalam bidang Perencanaan wilayah dan kota, Komunikasi yang digunakan berbentuk Peta. Apa sebenarnya Peta itu ? Peta merupakan gambaran unsur-unsur  yang dipilih dari permukaan bumi atau yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa yang digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil atau diskalakan.

(http://slideplayer.info/slide/2014419/)

Peta sangatlah penting dalam bidang perencanaan wilayah dan kota. Mengapa Peta ? Karena apa yang direncanakan biasanya dituangkan dalam bentuk peta, dengan bantuan perangkat (tools). sehingga diperlukan kemampuan dalam membuat peta, dan hal ini yang menuntut seorang planner untuk dapat membaca peta, memahami kondisi sosial dan memilki wawasan luas dalam memandang suatu wilayah kedepannya.

Taukah anda? Peta memiliki berbagai macam jenis. Diantaranya  
Peta Berdasarkan Isi  –Peta umum (atlas peta geografi, peta topografi) –Peta khusus (tematik) (Peta curah hujan, peta kemiringan lereng, peta kepadatan penduduk, peta daerah rawan bencana, dll) –Peta navigasi (chart) (peta route jalan, navigasi laut, peta perjalanan, peta penerbangan) .  
Peta Berdasarkan SkalaPeta skala sangat besar : > 1 : –Peta skala besar : 1 : – 1 : –Peta skala sedang : 1 : – 1 : –Peta skala kecil : > 1 :  
Peta Berdasarkan HirarkinyaPeta topografi (umum) •Peta tematik (khusus) •Peta dasar (basic map) •Peta turunan 
Peta berdasarkan bentuk/simetrisnya
Peta data  digambarkan menggunakan perbedaan warna atau simbol -Peta timbul atau peta tiga dimensi atau peta stereometri -Peta digital merupakan peta hasil pengolahan data digital yang tersimpan dalam komputer -Peta garis yaitu peta yang menyajikan data dalam bentuk titik,garis dan luasan. -Peta foto yaitu peta yang dihasilkan dari foto udara dengan garis kontur,nama dan legenda 
Peta berdasarkan sumber data nya
Peta turunan (Derived  Map) tidak memerlukan survei langsung ke lapangan karena peta turunan mengacu pada peta yang sudah ada -Peta Induk yaitu peta yang dihasilkan dari survei langsung di lapangan

(http://pwk515253.blogspot.co.id/2014/10/peta-peta-adalah-gambaran-permukaan 91.html)

Setelah mengetahui pengertian peta dan jenis-jenis peta, apakah kamu mengetahui unsur unsur peta ? Unsur peta terdiri dari  
 Judul peta Judul peta biasanya menunjukkan nama peta itu sendiri. Judul peta ditulis di bagian atas dengan huruf yang menonjol.  
Garis tepi peta Garis tepi peta adalah batas-batas pinggir gambar peta. Fungsi nya untuk menulis angka-angka derajat astronomis
.Legenda Legenda adalah keterangan-keterangan yang menjelaskan simbol- simbol pada peta. terletak di bagian bawah sebelah kiri ataupun kanan. Sedangkan simbol ialah gambar yang digunakan untuk mewakili objek-objek dalam peta. Misalnya simbol untuk danau, sungai, jalan, rel kereta, ibukota provinsi, batas kabupaten, dan sebagainya. 
Warna  Warna hijau menunjukkan dataran rendah. Warna kuning menunjukkan dataran tinggi. Warna cokelat menunjukkan daerah pegunungan. Warna putih menunjukkan puncak pegunungan yang tertutup salju. Warna biru menunjukkan daerah perairan (laut, sungai, danau).
Skala Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak yang sesungguhnya. Sebuah peta selalu dibuat jauh lebih kecil dari keadaan yang sebenarnya.  
Penunjuk arah mata angin. 
Garis astronomis. 
Sumber peta dan tahun pembuatan peta Sumber peta perlu pula dicantumkan supaya pembaca bisa mengetahui dari mana peta tersebut diperoleh. 

Setelah mengetahu apa itu komunikasi dan apa itu peta. Apa saja yang kamu ketahui tentang produk produk perencanaan wilayah dan kota ?
 Produk dari proses perencanaan adalah rencana sehingga output-nya dapat dipandang sebagai kumpulan dari rencana tersebut. Misalnya Rencana tata ruang yang sesuai dengan batasan wilayah administrasi, sehingga dikenal RTRW Nasional, RTRW Provinsi, dan RTRW Kabupaten/Kota. 
Namun masing-masing memiliki perbedaan ketentuan dalam penyusunannya, terutama dalam hal kedetailan peta (skala peta) . Biasanya, cakupan RTRW Nasional akan lebih luas serta kedetailan petanya lebih rinci, begitu seterusnya secara berjenjang hingga ke RTRW Kabupaten atau RTRW Kota. Semakin kecil strata administratif nya, maka semakin detail pula skala peta.

(http://weplanwecare.blgspot.co.id/2011/12/apa-sebenarnya-rtr-rencana-tata-ruang.html)

Selain peta, masih banyak lagi media informatif yang dapat dijadikan media visualisasi perencaanan wilayah dan kota. Seperti Web GIS dan Maket. 
 Webgis adalah aplikasi GIS atau pemetaan dijital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media komunikasi yang berfungsi mendistribusikan, mempublikasikan, mengintegrasikan, mengkomunikasikan dan menyediakan informasi dalam bentuk teks, peta dijital serta menjalankan fungsi-fungsi analisis dan query yang terkait dengan GIS melalui jaringan internet.(Prahasta 2007).  
Maket adalah perwujudan fisik 3 dimensi sebuah desain dalam skala kecil sebagai media visualisasi sebuah desain 

(http://vidiasfs.mywapblog.com/)
(http://giskita.blogspot.co.id/p/pelatihan-w-gis.html)

Di artikel ini akan dijelaskan beberapa Perangkat (Tools )yang digunakan dalam perencanaan, seperti AutoCAD, ArcGIS, Corel Draw dan Sketch Up. Masing masing akan dijelaskan dibawah ini
 AutoCAD adalah sebuah perangkat lunak CAD yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan sistem CAD  
Corel DRAW adalah aplikasi desain berbasis vektor atau garis untuk membuat berbagai macam desain seperti logo, kartu nama, kalender, poster, stiker dan lain-lain dalam dunia digital dan desain grafis.  
Sketch Up berfungsi untuk membuat gambar 3D (3 dimensi). 
ArcGIS meliputi perangkat lunak berbasis windows seperti ArcMAP , ArcView , ArcGis Dekstop, ArcReader dan sebagai nya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini